Best Movie In 2014: Die Mannschaft

download

Orang boleh bilang The Hobbit, Interstellar, Gone Girl, Boyhood dan lainnya sebagai film terbaik di tahun 2014. Namun bagi saya, movie of the year 2014 itu adalah “Die Mannschaft”. Film yang mengisahkan perjalanan Jerman menjadi juara dunia 2014 ini memiliki berbagai alasan untuk dapat disebut sebagai top quality movie. Here are some of the reasons (random orders):

1. You’ve got drama, comedy, ‘horror’ / suspense, sad moments etc in one movie. How cool is that…

Tidak mudah loh meramu berbagai genre dalam satu film. Untuk drama, sebagai contoh, digambarkan dalam cuplikan-cuplikan pertandingan yang menawarkan berbagai kisah dramatis. Ketegangan juga terasa dalam beberapa momen lain seperti ketika pertandingan kontra Algeria berakhir dimana pemain dan pelatih terlihat mengalami kelelahan secara mental dan fisik. Lalu juga, pada detik-detik menjelang final, seluruh tim, secara khusus Jogi Loew, tampak begitu serius, fokus, tegang dalam mempersiapkan taktik, memilih starting eleven dan detail-detail lainnya.

Untuk urusan comedy, tak jauh-jauh dari ‘aktor kocak’ asal FC Bayern, Thomas Müller. Simak saja penampilannya dengan kostum perempuan (dirndl) sambil melayani beberapa anggota official timnas di meja makan. It’s hilarious. Juga ketika ia pura-pura terjatuh dalam sebuah latihan set-piece (free kick) yang merupakan sebuah strategi untuk mengalihkan fokus lawan. Typical Thomas. Namun, sebagai ‘aktor’ serba bisa, Thomas, di dalam adegan-adegan lain juga dengan lihai menampilkan kesan serius dan tegang, khususnya ketika berada di dalam lapangan.

Selain itu, terdapat juga beberapa adegan ‘horror’ / menegangkan seperti misalnya ketika Kramer mengalami benturan kepala yang menyebabkan dirinya gegar otak ringan dan harus keluar lapangan. Atau setiap kali Manuel Neuer melakukan aksi-aksi penyelamatan di luar kotak pinalti. Dijamin, walaupun semua adegan ini sifatnya hanya merekam hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu, akan tetap memberikan ketegangan bagi mereka yang menonton…

Ada juga berbagai aksi heroik yang ditampilkan dalam film ini. Tentu salah satu yang paling diingat adalah bagaimana Basti, dengan darah yang mengucur di wajah akibat berbenturan dengan pemain Argentina, memilih untuk tetap bertanding hingga peluit panjang dibunyikan. Lihat juga bagaimana Miroslav Klose berjuang untuk meraih rekor sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak selama gelaran piala dunia dengan gol ke enam belasnya, melewati rekor Ronaldo. Dan sudah tentu, jangan lupakan momen klimaks dimana Götze berhasil menciptakan gol semata wayang di babak perpanjangan waktu yang sudah cukup untuk menghantarkan Jerman menjadi weltmeister.

Untuk sad moments sendiri sebenarnya tidak berlaku bagi penonton yang merupakan fans Jerman, tapi untuk fans dari negara-negara yang ditaklukkan Jerman. Secara khusus, Brazil🙂Cukup banyak potongan gambar yang menunjukkan keharuan pemain dan fans Brazil pasca ditekuk lutut Jerman dengan skor mencengangkan, 7-1. Ah sudahlah, jangan terlalu banyak ngomongin kekalahan Brazil, entar dijitak Dante. :p

Semua hal tersebut di atas (dan masih banyak lagi) ada di dalam film berdurasi 1 jam 29 menit ini. Epic!!

2. Best music.

Anda dijamin akan senyum-senyum sendiri sambil sing along (buat yang tahu lagunya) ketika mendengar Cristoph Kramer menyanyikan lagu “When You Say Nothing At All”. Momen ini terjadi pada malam hari, di atas feri, ketika tim hendak kembali ke Campo Bahia usai mengalahkan Ronaldo dkk di laga pembuka fase grup.

Penonton juga akan terhibur dengan ‘paduan suara’ para pemain yang melantunkan sejumlah lagu dan chants pasca kemenangan kontra Argentina. Meskipun tidak (selalu) merdu, tapi mereka menyanyi dengan sepenuh hati🙂

Pemilihan background music di sejumlah adegan juga terdengar sangat pas dengan scene yang disajikan. Hal ini membuat penonton bisa lebih menikmati scene-scene tertentu.

3. Aktornya keren-keren, baik dari sisi totalitas bermain maupun penampilan fisik. Ga kalah deh sama bintang-bintang film Hollywood. Ga percaya? Tanya aja fans Jerman yang perempuan.🙂

Jangan lupakan juga permainan dengan kesungguhan hati dari para ‘supporting actors’🙂 Misalnya saja, para warga sekitar Campo Bahia yang benar-benar bergembira menerima kehadiran para bintang-bintang sepak bola Jerman di desa mereka. Atau bagaimana hebatnya peran para “pemain di belakang layar” di tim nasional Jerman seperti mereka yang menyiapkan dan membersihkan sepatu serta kostum para pemain. Atau mereka yang memberikan massage, medical treatment, materi latihan dan sebagainya. Mereka bukan bintang, tapi tanpa mereka, bintang-bintang tim nasional Jerman akan kesulitan untuk memancarkan sinar keterampilan permainan mereka di lapangan.

4. Dalam hal pengambilan gambar, menurut saya film ini juga patut diacungi jempol. Video demi video yang dipilih dan disatukan benar-benar mengalir dengan indah. Sehingga, walaupun tidak mengerti bahasa Jerman (bahasa pengantar yang digunakan di sepanjang film), penonton diyakini akan tetap bisa menikmati dan mengerti apa yang hendak disampaikan si film maker.

5. Happy ending.

Pada akhirnya, penonton tentu akan lebih happy jika film berakhir dengan happy ending. Kalau tidak percaya, bandingkan saja film ini dengan film serupa, Deutschland. Ein Sommermärchen, yang mengisahkan perjalanan Jerman di Piala Dunia 2006. Kala itu, perjalanan tim nasional Jerman hanya berujung pada raihan peringkat tiga di akhir turnamen. Sad ending😦

Penonton juga tentu senang jika jagoan sesungguhnya menang, bukan?🙂 Ketimbang “jagoan-jagoan” yang digembar-gemborkan media seperti Ronaldo, Messi atau Neymar. Jerman adalah tim sepak bola yang sesungguhnya. Dan layak untuk akhirnya kembali membuktikan diri sebagai yang terbaik di dunia untuk ke-empat kalinya.

Enough said. Silahkan lihat sendiri trailer film keren ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s